Butuh Bantuan? Customer service EGL KESLING siap melayani dan membantu Anda.
SEMANGAT PAGI !!!! Distributor Peralatan SANITARIAN KIT, KESLING KIT, WATER TEST KIT, FOOD SECURITY KIT, BOARDING KIT, SANITARIAN FIELD KIT and REFIIL REAGENT. Contact US : OFFICE +62 21-8275-0721 - SANTOSO +62 812-1028-9869 - INDRATMOKO +62 812-8371-4204 Tenaga Profesional Pengajar dan Pelatihan Sanitarian dan Kesling KIT
Beranda » Artikel Terbaru » Budaya Sanitasi Baik Harus Diterapkan

Budaya Sanitasi Baik Harus Diterapkan

Diposting pada 15 February 2023 oleh admin | Dilihat: 262 kali

Budaya Sanitasi Baik Harus Diterapkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla berpesan kepada para peserta Jambore Sanitasi 2008 agar tidak malu mengingatkan teman maupun orang tua yang berperilaku buruk di bidang sanitasi, seperti Membuang Sampah Limbah maupun limbah cair sembarangan di sungai. Akibat yang ditimbulkan dari perilaku sanitasi buruk tersebut akan menjadikan air sebagai sumber penyakit dan kematian.

Hal itu disampaikan Wapres saat menerima kunjungan peserta Jambore Sanitasi di Istana Wakil Presiden RI, Jumat (5/12). Rombongan terdiri dari siswa  siswi SMP peserta jambore sanitasi dan para pendamping, serta para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum.

Wapres menambahkan, budaya sanitasi baik  dalam arti luasnya adalah kebersihan, tidak terlepas dari kebiasaan dan infrastruktur. Infrastruktur dibangun oleh pemerintah dan masyarakat, namun kebiasaan harus melekat dalam diri masyarakat untuk membuang sampah yang benar, mencuci dan mandi yang benar, dan perilaku yang baik lainnya. Kebiasaan menurut Wapres Jusf Kalla perlu dididik dan ditegakkan. Secara bersamaan, kebiasaan juga harus didukung oleh infrastruktur misalnya MCK dan air bersih.

Anak-anak jangan lupa untuk mengingatkan dan memberi contoh berperilaku sanitasi yang baik agar yang lain juga malu membuang sampah sembarangan. Anak juga sangat rentan terkena penyakit akibat sanitasi buruk, ucap Wapres.

Jusuf Kalla juga mengingatkan tentang air. Selain sebagai sumber kesehatan dan kehidupan, air juga bisa menjadi sumber kematian. Dengan demikian generasi ke depan bisa menjaga air dari pencemaran. Sampai saat ini masyarakat perkotaan di Indonesia baru 40% yang sudah menikmati air minum peripaan. Pemerintah mentargetkan penambahan 10 juta sambungan baru hingga bisa mencakup 80% dalam lima tahun ke depan.

Seperti diketahui, ini (pemenuhan air minum, red) merupakan tugas pemerintah daerah, bukan tugas Menteri Pekerjaan Umum. Secara nasional, tanggung jawabnya memang ada di tangan Menteri PU. Pelayanan air minum yang baik mencerminkan kinerja Pemerintah Daerah yang baik, kata Wapres.

Kunjungan ke Istana Presiden

Meskipun tak dapat bertemu dengan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, namun  peserta jambore sanitasi tak mengendurkan semangatnya untuk menyambangi Istana Negara dan Istana Merdeka pada Sabtu (6/12). Istana yang saat ini disebut-sebut sebagai istana rakyat membukakan pintunya lebar-lebar untuk peserta jambore sanitasi melihat isi Istana Merdeka tersebut.

Sena, peserta yang mewakili Kota Surabaya mengaku bangga dan senang bisa mengunjungi Istana Merdeka. Saat ditanya nama-nama presdien RI dari pertama sampai keenam, dengan hafal dia menyebut Ir. Soekarno, HM. Soeharto, BJ. Habibie, KH. Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, dan Soesilo Bambang Yudhoyono.

Sumber : https://pu.go.id/berita/wapres-jusuf-kalla–sanitasi-yang-baik-berawal-dari-kebiasa

Other Information :

Untuk pengecekan Alat Kesehatan Makanan diperlukan Food Security Kit

Untuk Alat Pengecek Kimia air diperlukan Water Test Kit

Bagikan informasi tentang Budaya Sanitasi Baik Harus Diterapkan kepada teman atau kerabat Anda.

Budaya Sanitasi Baik Harus Diterapkan | Sanitarian Kit

Komentar dinonaktifkan: Budaya Sanitasi Baik Harus Diterapkan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Lead Test Kit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Lead Test Kit*Harga Hubungi CS
Tersedia / EGL-RFTK-004A
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: EGL-RFTK-004A
Sanitarian Field Kit Kemenkes SANKIT

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sanitarian Field Kit Kemenkes Sankit*Harga Hubungi CS
Tersedia / EGL-4266-SANKIT-03
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: EGL-4266-SANKIT-03
KESLING KIT 2022 – SANKIT 1

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kesling Kit 2021-2022-2023*Harga Hubungi CS
Tersedia / EGL-KESLING-01
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: EGL-KESLING-01
Alat Penghitung Mikrobiologi Digital

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Alat Penghitung Mikrobiologi Digital*Harga Hubungi CS
Tersedia / EGL-ColCon -001
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: EGL-ColCon -001
SIDEBAR