Butuh Bantuan? Customer service EGL KESLING siap melayani dan membantu Anda.
SEMANGAT PAGI !!!! Distributor Peralatan SANITARIAN KIT, KESLING KIT, WATER TEST KIT, FOOD SECURITY KIT, BOARDING KIT, SANITARIAN FIELD KIT and REFIIL REAGENT. Contact US : OFFICE +62 21-8275-0721 - SANTOSO +62 812-1028-9869 - INDRATMOKO +62 812-8371-4204 Tenaga Profesional Pengajar dan Pelatihan Sanitarian dan Kesling KIT
Beranda » Artikel Terbaru » Pentingnya Sanitasi Pengelolaan Makanan

Pentingnya Sanitasi Pengelolaan Makanan

Diposting pada 9 May 2023 oleh admin | Dilihat: 189 kali

Pentingnya Sanitasi Pengelolaan Makanan, Hygiene dan sanitasi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain karena erat kaitannya. Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subyeknya seperti mencuci tangan dengan air bersih dan sabun untuk melindungi kebersihan tangan, mencuci piring untuk kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan. Sedangkan sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan dari subyeknya, misal menyediakan air bersih untuk keperluan mencuci tangan atau menyediakan tempat sampah untuk mewadahi sampah. Sanitasi juga memiliki beberapa tujuan lain yaitu memperbaiki, mempertahankan serta mengembalikan kesehatan pada manusia, memaksimalkan efisiensi produksi serta menghasilkan produk-produk yang sehat dan aman dari berbagai pengaruh yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia.

Begitu pula dengan makanan yang harus bersih dan pengolahannya juga tepat. Dalam pengelolaan makanan, ada 6 prinsip yang harus diperhatikan yaitu keadaan bahan makanan, cara penyimpanan bahan makanan, proses pengolahan, cara pengangkutan makanan yang telah dimasak, cara penyimpanan makanan masak dan cara penyajian makanan masak. Peralatan makanan dan minuman dapat dipergunakan seperti piring, gelas, mangkuk, sendok atau garpu juga harus dalam keadaan bersih. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah bentuk peralatan utuh, tidak rusak, cacat, retak atau berlekuk-lekuk tidak rata, peralatan yang sudah bersih dilarang dipegang di bagian tempat makanan, minuman atau menempel di mulut karena akan terjadi pencemaran mikroba melalui jari tangan. Selain itu, peralatan yang sudah retak, gompel atau pecah selain dapat menimbulkan kecelakaan (melukai tangan) juga menjadi sumber pengumpulan kotoran karena tidak akan dicuci sempurna dan kita tidak diperbolehkan menggunakan kembali peralatan yang dirancang hanya untuk sekali pakai.

Adapun usaha-usaha dalam sanitasi makanan antara lain keamanan makanan dan minuman yang disediakan, hygiene perorangan dan praktek-praktek penanganan makanan oleh karyawan yang bersangkutan, keamanan terhadap penyediaan air, pengelolaan pembuangan air limbah dan kotor, perlindungan makanan terhadap kontaminasi selama dalam proses pengolahan, penyajian, dan penyimpanan dan pencucian, kebersihan dan penyimpanan alat-alat/perlengkapan. Kemudian adapun ciri-ciri bahan makanan yang baik adalah daun, buah atau umbi dalam keadaan segar, utuh dan tidak layu; kulit buah atau umbi tidak rusak; tidak ada bagian sayuran yang ternoda; begitu juga dengan susu, aroma khas susu tidak bauasam, tengik, atau bau amis; jika dituangkan dari gelas masih menempel di dinding gelas; bebas dari kotoran fisik seperti darah, debu, bulu, serangga dan lain-lain; buah juga harus utuh, tidak rusak, atau kotor; tidak berbau busuk dan warnanya sesuai dengan bawaannya.

Kesehatan merupakan hal yang mutlak dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa kesehatan, manusia tidak bisa beraktivitas dan bekerja. Saat sakit, barulah sangat terasa arti penting kesehatan bagi seseorang. Jadi, mari kita bersama-sama menjaga kesehatan mulai dari hal terkecil yaitu memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Kontributor :

Instalasi Sanitasi dan Lingkungan Rumah Sakit (ISLRS)

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Source : https://sardjito.co.id/2019/03/13/pentingnya-sanitasi-dalam-pengelolaan-makanan/

 

Other Information :

Untuk pengecekan Alat Kesehatan Makanan diperlukan Food Security Kit

Untuk Alat Pengecek Kimia air diperlukan Water Test Kitir 

Bagikan informasi tentang Pentingnya Sanitasi Pengelolaan Makanan kepada teman atau kerabat Anda.

Pentingnya Sanitasi Pengelolaan Makanan | Sanitarian Kit

Komentar dinonaktifkan: Pentingnya Sanitasi Pengelolaan Makanan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Jual Sanitarian

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Sanitarian kit Digital 2021-2022-2023*Harga Hubungi CS
Tersedia / EGL-4266-SANKIT-06
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: EGL-4266-SANKIT-06
Paling Laris
JUAL SANITARIAN KIT

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Sanitarian Kit 2021-2022-2023*Harga Hubungi CS
Tersedia / EGL-4266-03
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: EGL-4266-03
Colony Counter Microbiology

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Colony Counter Microbiology*Harga Hubungi CS
Tersedia / EGL-ColCon -001
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: EGL-ColCon -001
DIGITAL SANITARIAN KIT

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Digital Sanitarian Kit 2021-2022-2023*Harga Hubungi CS
Tersedia / EGL-4266-04
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: EGL-4266-04
SIDEBAR